Minggu, 05 Februari 2017

Panduan Mencegah Kebakaran di Area Kerja

Related image
Tahu cara mencegah kebakaran ditempat kerja akan menekan kerugian kecelakaan yang mengakibatkan kebakaran. Pastinya info tentang mencegah kebakaran ini harus di sampaikan dengan tepat kepada seluruh personil keamanan sekaligus karyawan. Selain info yang baik, kursus kecelakaan kerja yang bisa mengakibatkan kebakaran harus juga dilakukan. Terlebih apabila mengingat sangat banyak potensi bahaya ditempat kerja yang bisa menyebabkan kebakaran yang menelan sangat banyak kerugian.

Penyebabnya kebakaran ditempat kerja 

Kecelakaan yang mengakibatkan kebakaran dapat terjadi dimana saja. Tetapi ditempat kerja dengan adanya banyak sekali mesin yang tersambung pada saluran listrik dan pemakaian beberapa bahan kimia selama sistem produksi bikin kemungkinan terjadinya kebakaran ditempat kerja jauh semakin besar dibanding tempat yang lain. Untuk menghimpit kemungkinan kebakaran ditempat kerja, tahu penyebabnya kebakaran sangat diperlukan. Berikut ini beberapa penyebabnya kebakaran ditempat kerja :
  1. Kelalaian yang dilakukan oleh karyawan seperti merokok asal-asalan jadi potensi bahaya kebakaran paling besar. Selain merokok, kelalaian seperti lupa mematikan aliran listrik yang tersambung pada mesin produksi juga jadi penyebabnya utama kebakaran ditempat kerja.
  2. Kesengajaan yang dilakukan oleh pihak-pihak tidak bertanggungjawab dapat juga jadi penyebabnya kebakaran ditempat kerja. Kesengajaan ini dapat berbentuk pergantian komponen mesin atau alat-alat perusahaan yg tidak penuhi standard seperti masih menggunakan pakaian keselamatan, sepatu safety, helm safety yang sudah tidak layak pakai hingga mengakibatkan kecelakaan kerja yang menyebabkan pada kebakaran.
  3. Api menyala sendiri akibatnya karena berjumpanya unsur-unsur pembentuk api dengan beberapa bahan yang mudah terbakar. Hal semacam ini kerapkali terjadi pada beberapa pabrik atau perusahaan yang menaruh bahan bakar asal-asalan sampai tanpa ada di ketahui menguap yang lalu berjumpa panas hingga muncul reaksi pembakaran. 
Dengan tahu penyebabnya atau potensi bahaya kebakaran yang terjadi ditempat kerja akan bikin setiap personil keamanan, karyawan sekaligus pihak paling tinggi perusahaan siaga pada bahaya kebakaran. Diluar itu tahu tiga unsur kebakaran yakni bahan bakar, oksigen dan panas akan bikin setiap siaga dalam melakukan tata laksana cara menghindar kebakaran ditempat kerja.

Kelas kebakaran dan pemadamannya 

Kebakaran yang kerapkali Kamu temui di beberapa tempat termasuk ditempat kerja, dibedakan kedalam kelas-kelas yang tidak sama. Dengan tahu klasifikasi kebakaran ini diinginkan kebanyakan orang tahu cara pemadamannya yang paling tepat.

Kebakaran kelas A. 
Kebakaran kelas A yaitu kebakaran yang dikarenakan oleh benda padat seperti kertas, kayu dan plastik. Diluar itu karet dan busa juga dikira sebagai penyebabnya kebakaran kelas A. Untuk memadamkan kebakaran yang dikarenakan oleh benda-benda padat, Kamu dapat memakai media yang bisa memadamkan api seperti air, pasir sampai karung goni yang sudah dibasahi memakai air. Kamu dapat juga memakai APAR yang disiapkan perusahaan atau tempat kerja Kamu. Diluar itu pemakaian bubuk kering dari zat kimia seperti sodium, potasium dan urea bikarbonat dapat juga memadamkan penyebabnya kebakaran akibat benda padat.

Kebakaran kelas B 
Kebakaran kelas B dikarenakan oleh benda-benda yang mudah sekali tersulut api yang barupa cairan seperti bensin, minyak tanah, solar sampai alkohol dan spirtus. Agar bisa memadamkan kebakaran ini Kamu dapat memakai APAR yang disiapkan perusahaan sampai toksin api tepung kimia kering. Janganlah pakai air untuk memadamkan kebakaran kelas B karena berat type air lebih berat dari cairan yang tersulut. Sampai memakai air malah bikin kebakaran makin melebar.

Kebakaran kelas C 
Kebakaran kelas C dikarenakan oleh aliran listrik yang ada di ruang kebakaran. Untuk memadamkan kebakaran ini Kamu dapat memakai media pemadam api berbentuk APAR dan toksin api tepung kimia kering. Sebelumnya melakukan pemadaman api, putuskan dahulu aliran listrik hingga Kamu terlepas dari kemungkinan tersengat listrik saat melakukan tata laksana cara menghindar kebakaran ditempat kerja.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates

Popular Posts